Senin, 06 April 2015

Daniel atau Khileab, menjawab tuduhan bodoh muslim

Dalam sebuah diskusi dengan muslim, muslim menuduh bahwa alkitab telah di utak atik. dipalsukan.
Tentu saja itu tuduhan lama yg basi yang tdk pernah mampu dibuktikan oleh Muhammad sekalipun.
Yang selama ini muslim mampu buktikan hanyalah terjemahan si A berbeda denganterjemahan si B, maka dituduhkannyalah kitab aslinya palsu. (justru dengan standart yang sama, saya bertanya-tanya tentang 1000 kesalahan cetak Alquran yang ditemukan Dep Ag belum lama ini-Apakah kita bisa menuduhkan bahwa alquran aslinya telah jadi palsu ?)

Salah satu tuduhan mereka adalah

Alkitab Plin Plan. membicarakan hal yang sama tapi beda. contoh .Siapakah anak Daud yang kedua ? a. Kileab (II Samuel 3: 2-3). b. Daniel (I Tawarikh 3: 1)
Untuk menjawab hal ini mudah saja.
Daniel adalah Putra Daud yang ke dua dari Abigail mantan istri Naban Orang Karmel yang lahir di Hebron.  Damiel adalah sebutan lain dari Khileab.
Sama seperti Nama Hadoram adalah nama lain dari Yoram, begitu juga dalam hal ini. Naa lain Daniel adalah Kileab (juga sebaliknya).Entah mengapa belakangan Daniel dipanggil Kileab, tidak mudah untuk dijelaskan namun orang Yahudi punya kisah khusus tentang hal ini. Kileab, Ibrani כלאב - KIL'AB dari kata כלא - KALA (menutup, tinggal, memelihara) dan אב -'AVayahKileab berarti seperti ayahnya

Satu hal yang menarik bahwa Septuaginta, terjemahan Alkitab Ibrani dalam bahasa Yunani, menerjemahkan nama putra kedua Daud dalam 2 Samuel 3:2 dengan δαλουια-dalouia sedangkan 1 Tawarikh 3:1 dengan δανιηλ-daniêl. Kita mengetahui bahwa Alkitab Ibrani ditulis dengan menggunakan huruf mati. Jadi, Kileab ditulis, kaf lamed alef bet atauכלאב - K'LB dan Daniel ditulis, dalet nun yod alef lamed atau דניאל - DNY'L, sehingga para peneliti naskah memperkirakan ada kesalahan penyalinan naskah gara-gara kemiripan bentuk huruf. 

Bahwa orang-orang Israel memiliki nama alias bukanlah barang baru. Yakub disebut Israel, abangnya Esau juga dikenal sebagai Edom, Benyamin dipanggil juga Ben-Oni, Naomi mertua Rut menamakan dirinya juga sebagai Mara. Di Indonesia pun kita kenal nama-nama ganda seperti ini misalnya Tommy alias Hutomo Mandala Putra. SUMBER : YOHANNES/ BIBLIKA

Jadi Daniel, Khileab, Kilab.....bukan petunjuk utama kitab suci alkitab telah dipalsukan.  Karena tidak ngefek ke point ajaran utamanya....  kasihilah musuhmu ... eh sesamamu eh seagamamu seperti engkau mengasihi dirimu... eh.. yang bener gimana sih ?

Tidak ada komentar: